Selamat Datang di Jurusan Fisika UB

Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Brawijaya (UB) bermula dari Laboratorium Fisika di Fakultas Teknik yang didirikan pada tahun 1979. Laboratorium tersebut  berfungsi sebagai laboratorium layanan untuk Fakultas-fakultas eksakta yang ada di Universitas Brawijaya, yang saat itu meliputi Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kedokteran. Peralatan laboratorium juga semakin lengkap sebagai hasil kerja sama dengan NUFFIC-Belanda, IDP-Australia, dan GTZ-Jerman.

ONMIPA 2013 Bidang Fisika : Medali Perunggu dan Perak untuk Brawijaya

rouffirmanUniversitas Brawijaya meraih prestasi diajang Olimpiade Nasional MIPA tingkat mahasiswa. Prestasi kali ini dipersembahkan oleh Abdurro’uf dan M. Agus Firmansyah dari program studi Fisika angkatan 2009. Pada tahap sebelumnya, perwakilan dari Universitas Brawijaya ini telah melalui seleksi regional Jawa Timur diantaranya adalah (1) Layli Amaliya [Bidang Fisika, Fisika angkatan 2011], (2) Randhy Dwi Rendrahadi [Bidang Kimia, Kimia angkatan 2010], (3) Helmy Hidayat [ Bidang Matematika, Matematika angkatan 2009], (4) Abdurro’uf [Bidang Fisika, Fisika angkatan 2009], dan (5) M. Agus Firmansyah [Bidang Fisika, Fisika angkatan 2009].

HL Aeromagnetic SEG SC UB: Peserta Banyak, Mr. Dave terkejut

Apa Itu aeromagnetik? Bagaimana tekhnik surveyingnya? Bagaimana konsep dasarnya? Apa aplikasinya? Semua pertanyaan tersebut terjawab pada saat Honarory Lecturer bersama Mr.

Studying in Tohoku University: Why Not?

kultam1Tamu istimewa mendatangi jurusan Fisika Universitas Brawijaya hari ini. Betul, pada kesempatan kali ini merupakan kunjungan pertama kalinya dari Saito-sensei seorang profesor di Universitas Tohoku yang mendalami bidang Nanoscience ke Universitas Brawijaya. Sesi pada kuliah umum ini terbagi menjadi dua sesi (1) Pengenalan IGPAS (International Graduate Program for Advanced Science) dan (2) Nanosciences and Its Application.

“Sendai, merupakan salah satu kota besar yang biaya hidupnya lebih terjangkau dibanding kota-kota besar lainnya” ucap Saito-sensei ketika menyampaikan pengenalan mengenai lokasi Tohoku University. Sebagai 3 besar universitas terfavorit di negeri Sakura tersebut, level Universitas Tohoku juga sangat baik di dunia.

Kuliah Umum Saito-sensei: Nanoscience and Its Application

Teknologi nano saat ini sangat berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tahukah anda kalau memulai teknologi berbasis nano berasal dari sains?. Jurusan Fisika Universitas Brawijaya mengadakan kuliah umum pada tanggal 19 November 2012. Acara ini juga dikemas dengan kehadiran alumni Fisika Universitas Brawijaya yang saat ini sedang menimba ilmu di Tohoku University. Berikut detail acara dari kuliah umum Saito-sensei.

Tema :

Aplikasi Nano sains dan Bagaimana Studi di Jepang

Pembicara:

1. R. Saito (Profesor Fisika Material di Tohoku University)

2. Hesky Hasdeo (Alumni Fisika UB, studi di Tohoku University)