Tata Pamong

Ketua dan Sekretaris Jurusan dipilih oleh dosen dan karyawan PS Fisika dengan pemilihan secara terbuka dan demokratis di tingkat program studi dan disahkan oleh Rektor UB dengan SK No. 008 /SK/2007. Ketua dan sekretaris bekerja dan bertugas berdasarkan pada peraturan yang tertuang dalam portofolio UB. Kegiatan adminsitrasi dikelola oleh empat orang tenaga administrasi yang masing-masing telah mempunya tugas tertentu berdasar Job Diskripsi. Dukungan peraturan dan kelembagaan akan membuat aktivitas bekerja dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Di bidang akademik, PS Fisika mewadahi para dosen ke dalam lima Kelompok Bidang Keahlian (KBK) dan mahasiswa juga ke dalam lima Kelompok Bidang Minat (KBM), yaitu KBK/KBM Biofisika dan Fisika Medis, Geofisika, Fisika Komputasi, Elektronika dan Pengukuran serta Fisika Material, yang masing-masing dikoordinasikan oleh seorang dosen. Dengan adanya kelompok bidang minat ini mendukung terciptanya suasa akademik yang kondusif dalam upaya pengembangan profesionalisme keilmuan dari masing-masing staff. Pada sisi lain tata pamong ini juga dapat meningkatkan keterjaminan mutu dalam pelaksanaan program serta mempermudah dalam koordinasi dan manajemen pengelolaan jurusan.
Untuk mendukung proses belajar mengajar, PS Fisika memiliki lima laboratorium pendidikan: Laboratorium Biofisika, Laboratorium Geofisika, Laboratorium Fisika Lanjutan, Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi dan Laboratorium Fisika Dasar serta sebuah Workshop/Bengkel Fisika. Koordinator dan Kepala Laboratorium dipimpin oleh seorang dosen yang dipilih oleh dosen-dosen dari masing-masing KBK, sedangkan Kepala Laboratorium Fisika Dasar dan Workshop dipilih melalui musyawarah di antara semua dosen.
Di dalam proses kerjanya, manajemen PS Fisika secara reguler sebulan sekali mengadakan rapat jurusan yang dipergunakan untuk koordinasi tugas rutin dosen dan staf administrasi, pengembangan manajemen, dan kebijakan program studi. Hasil rapat digunakan sebagai landasan kebijaksanaan PS. Dengan demikian akuntabilitas dan transparansi pengeloaan manajemen PS Fisika telah dapat dijamin dengan baik.
Untuk menjamin mutu akademik telah dibentuk Unit Jaminan Mutu (UJM) yang mempunyai tugas membantu Ketua Jurusan dalam peningkatan mutu melalui: a) penyusunan dokumen (Spesifikasi Program Studi (SP), Manual Prosedur (MP), Instruksi Kerja (IK) yang sesuai dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur di tingkat fakultas), b) penyusunan Laporan Evaluasi Diri Jurusan, c) penyiapan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA), d) peningkatan mutu jurusan berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi. e) menentukan rencana program jangka panjang (Renstra), memonitor dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan program studi. Dalam mengemban tugasnya tersebut tim UJM PS Fisika berkoordinasi dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) yang berada di tingkat fakultas dan dibantu oleh auditor internal yang ditugaskan oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB. Hirarki koordinasi untuk menjamin kepatuhan dengan dokumen mutu akademik yang ada baik di tingkat program studi, fakultas, maupun universitas.